Universitas Hasyim Asy'ari

Universitas Hasyim Asy'ari Bekali Mahasiswa dengan Penulisan Jurnal Nasional dan Internasional Terakreditasi

08 April 2019 / 35 Pembaca
Unhasy.ac.id - Publikasi ilmiah dalam jurnal bereputasi sudah menjadi kewajiban dan tuntuan dari pemerintah yang harus dipenuhi oleh tidak hanya setiap dosen tetapi juga mahasiswa. Hal ini sebenarnya sudah sejalan dengan tridharma perguruan tinggi, khususnya unsur penelitian.


Penelitian yang tidak dipublikasikan akan berakhir di “perpustakaan”, dan tidak memberikan dampak bagi pengembangan ilmu. Disisi lain, Membuat artikel/manuskrip dari hasil penelitian untuk publikasi di jurnal internasional bereputasi seperti yang Terindeks Thomson Reuters/Web Of Science, Dan Scopus, Juga menjadi persoalan sendiri, karena setiap jurnal, setiap penerbit pengindeks memiliki standar dan gaya selingkung sendiri-sendiri.

Mahasiswa tingkat akhir Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang diberikan bekal berupa Workshop Penulisan Jurnal Nasional dan Internasional Terakreditasi. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) bekerja sama dwngan Pusat Pelayanan Jurnal (PPJ) mengadakan acara tersebut pada tanggal 6 s.d. 7 April 2019 di Auditorium Unhasy. 


Didapuk sebagai pemateri adalah Guru Besar Universitas Negeri Surabaya, Prof. Dr. H. Haris Supratno dan kandidat Doktor Universitas Brawijaya Malang sekaligus Dosen Tetap Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Unhasy, Agus Sulton, S.Pd., M.Hum. Acara tersebut berlangsung sukses dengan hadirnya mahasiswa Unhasy yang berjumlah sekitar 500-an mahasiswa.


Sebagai penutup, Wakil Rektor II Unhasy, Drs. H. M. Muhsin Ks., M.Ag. menyampaikan bahwa kegiatan selama 2 (dua) hari tersebut dapat bermanfaat bagi seluruh peserta dan dapat diaplikasikan dengan menulis jurnal sesuai dengan materi yang sudah diberikan oleh masing-masing pemateri.