Universitas Hasyim Asy'ari

UNHASY Tebuireng Mampu Mengharmonisasi Kemajuan IT dan Nilai Keislaman Hadapi Revolusi Industri 4.0

27 October 2019 / 303 Pembaca
Unhasy.ac.id-Hari ini, Sabtu (26/10), Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang menggelar Wisuda yang ke 28. Wisuda ini akan diikuti 546 wisudawan dari D3 Ke-1, S1 Ke-28, dan S2 Ke-15. Wisuda akan dihadiri Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indarparawansa.
Sementara itu, Dedy Rahman Prehanto, Dekan Fakultas Teknologi Informasi Unhasy Tebuireng Jombang menyambut baik pidato Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan sangat mengapresiasinya.
Hal itu karena Khofifah menetapkan Unhasy sebagai salah satu perguruan tinggi berbasis pesantren yang mengembangkan teknologi robotika.

Di lain sisi, lulusan Unhasy juga diharapkan memiliki beragam kompetensi, selain prestasi dalam bidang akademik dengan IPK yang tinggi juga berprestasi dibidang non-akademik. Hal ini dikarenakam dalam menghadapi tantangan kerja bukan hanya kemampuan akademik yang dibutuhkan tetapi juga softskill sangat dibutuhkan.
Dedy Rahman Prehanto berpesan, Jadilah lulusan Unhasy yang mempunyai kejujuran, kerja keras, keihklasan, inovatif, kreatif, adaptif dan kolaborati. Insyaallah dengan bekal beberapa hal tersebut dapat memudahkan wisudawan dalam mencari pekerjaan.
Dedy, sapaan akrapnya, juga berterimakasih kepada Ibu Gubernur Jawa Timur atas penganugrahan Laboratorium Robotika Unhasy sebagai persembahan Unhasy pada Peringatan Hari Santri Tahun ini. 
Dengan diresmikannya Laboratorium Robotika ini juga dalam rangka sinergitas program one pesantren one produk sebagai episentrum robotika di Unhasy dalam menyambut era revolusi industri 4.0.

Dalam kontes tersebut Unhasy telah mendapatkan tiga penghargaan yakni, dalam Kategori Fixed Wing (FW) Unhasy mendapat penghargaan sebagai pendatang baru terbaik, dalam kategori rancing plane (RP) Unhasy mendapatkan penghargaan sebagai pilot terbaik. Serta Unhasy juga merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang mendapatkan penghargaan wing penerbang dari Kepala Lanudal di Surabaya. 
”Kami ucapkan selamat kepada Tim Robotika Unhasy. Prestasi ini tidak boleh berhenti hanya sampai di sini, harus terus ditindaklanjuti yang lebih baik, agar di tahun-tahun mendatang bisa mendapatkan prestasi yang lebih baik,’’ tandasnya.

Prestasi Unhasy tak perlu diragukan lagi, setiap tahun, para dosen Unhasy semakin mengalami peningkatan untuk memenangkan kompetisi penelitian nasional. Tahun ini Unhasy mendapatkan 21 judul penelitian, 2 PKM, dan 2 CPBT (Calon Pengusaha Berbasis Teknologi). Dosen yang belum mampu bersaing di tingkat nasional diberikan bantuan dana penelitian dan PKM dari Unhasy. Tahun 2019 jumlah penelitian 24 judul, PKM 22 Judul.Dana penelitian dan PKM mulai tahun ini akan ditingkatkan sesuai kemampuan Unhasy.

Dalam bidang kewirausahaan, dosen Fakultas Teknik Unhasy setiap tahun rata-rata dapat memenangkan kompetisi nasional dalam bidang Calon Pengusaha Berbasis Teknologi (CPBT) 2-3 judul. Kompetisi ini sifatnya nasional dan tidak setiap perguruan tinggi mampu memenangkan kompetisi tersebut.Unhasy juga sudah memiliki Laboratorium Kewirausahaan, sebagi media latihan para mahasiswa untuk mengimplemensikan kewirausahaan. ”Kami berharap tahun depan lagi, kalau tahun bisa menerima 1.200 mahasiswa baru, tahun depan harapannya meningkat atau paling tidak dipertahankan,’’ pungkasnya.