Universitas Hasyim Asy'ari

Tembus Nasional, UNHASY Tebuireng Loloskan 2 Tim Di Kontes Robot Terbang Indonesia

02 October 2019 / 115 Pembaca
unhasy.ac.id-Kabar gembira datang dari Universitas Hasyim Asy'ari (UNHASY) Tebuireng Jombang. Sebagai perguruan tinggi berbasis pesantren dan kewirausahaan, UNHASY juga menorehkan tinta emas dengan menembus level tertinggi di negeri ini pada Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2019. UNHASY yang notabene sebagai perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa baru paling banyak di Kabupaten Jombang juga tidak mau kalah dalam unjuk gigi terkait masalah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0. Hal ini dibuktikan dengan lolosnya 2 Tim Robot UNHASY dalam Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2019 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Surabaya. 

Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2019 ini merupakan ajang Ke-7 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, yang dilaksanakan mulai tanggal 1 Oktober 2019 s.d. 6 Oktober 2019 di Lapangan Udara TNI AL Grati Pasuruan Jawa Timur. Peserta KRTI ini adalah dari Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta yang ada di negeri ini. Peserta KRTI 2019 ini berjumlah 40 Perguruan Tinggi, itu artinya UNHASY Tebuireng sudah bisa bersaing dengan Perguruan Tinggi seluruh Indonesia. 


Dalam KRTI 2019 ini, UNHASY Tebuireng mengirimkan 2 Tim.  Pertama, Tim Phoenix yang masuk dalam kategori Racing Plane (RP) dan Tim Ababil dalam kategori Fixed Wing (FW). Kedua Tim Robot tersebut dibawah komando Bapak Chamdan Mashuri, S.Kom., M.Kom. dan Bapak Ginanjar Setyo Permadi, S.Kom., M.Kom.. Di kawasan Kabupaten Jombang dan sekitarnya, hanya UNHASY Tebuireng yang ikut ambil bagian dalam KRTI 2019 ini.

Opening Ceremony KRTI 2019 yang berlangsung di Universitas Negeri Surabaya ini dibuka langsung oleh Menristekdikti, Prof. Dr. M. Nashir. Sebagai bentuk dukungan kepada Tim Robot UNHASY Tebuireng, Pimpinan UNHASY juga turut hadir pada saat Opening Ceremony.