Universitas Hasyim Asy'ari

Posmaru Fakultas Ilmu Pendidikan, Generasi Pendidik Harus Kaya Kreatifitas

11 September 2018 / 35 Pembaca
Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) mengadakan posmaru (Pekan Orientasi Mahasiswa Baru) fakultas pada hari Kamis (06/09/18) dengan tema "Menjadikan Generasi Pendidik yang Religius, Cerdas dan Berkarakter" bertempat di gedung kampus B. Universitas Hasyim Asy'ari di tahun 2018 mewajibkan posmaru fakultas yang diselenggarakan sendiri oleh  tiap fakultas guna memberi pengetahuan mahasiswa baru tentang kefakultasan.

Tidak lama setelah selesai posmaru Universitas, para ormawa-ormawa (organisasi mahasiswa) fakultas pun mulai menyusun dan mengadakan rapat, waktu dan tempat pelaksanaan pun tidak berlangsung serentak dan sama tapi sesuai dengan kebijakan dari ormawa fakultas tersebut.

Panitia posmaru FIP berjumlah 40 mahasiswa diambil dari beberapa perwakilan HMP, BEM, dan DPW fakultas. Dimulai dari pukul 07:00 WIB sampai 17:00 WIB, acara demi acara berlangsung dengan lancar, partisipasi dan apresiasi mahasiswa baru FIP yang berjumlah 130 mahasiswa dari lima prodi yang ada menjadi salah satu faktor utama sukses acara posmaru FIP tahun ini.

"Banyak pendidik yang krisis kreatifitas, karena guru yang kreatif itu akan bisa membuat sebuah pelajaran menjadi menarik baik dikomparasikan dengan nilai religious, seni, sosial atau ekonomi sehingga inputnya menghasilkan generasi yang cerdas," tanggapan Abduh Salam, ketua BEM FIP tentang tema posmaru kali ini.

Pemateri dari dosen FIP memberi materi dan arahan mengenai kependidikan dan kefakultasan. Yang menarik, posmaru FIP juga mengundang seorang motivator guna menginspirasi dan menumbuhkan semangat sebagai kader mahasiswa sukses.

"Selain agar posmaru lebih berkesan, motivator juga diharapkan bisa menjadikan mahasiswa baru lebih bersemangat kedepannya dan lebih menghargai dalam mengenal potensi diri sendiri, menghilangkan rasa pesimis dan selalu berfikir optimis agar mampu menjadikan pendidik yang religius dan juga berkarakter", ungkap Alfian Ghifari Akbar selaku ketua pelaksana.

Posmaru FIP kali ini tidak hanya menonjolkan tentang nilai pendidikan tapi juga tentang kesenian. Dalam posmaru ini menghadirkan beberapa penampilan yang berbau seni, diantaranya prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang membawakan tari saman sebagai opening posmaru FIP, mengundang group angklung "Satria Nada" sebagai hiburan waktu istirahat, dan acara penutup diakhiri penampilan dari prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) pembacaan sebuah puisi.