Universitas Hasyim Asy'ari

Perpaduan Antara Agama dan Teknologi, Diskusi Ala Mahasiswa Unhasy

19 January 2019 / 151 Pembaca
Dalam rangka ingin mengetahui dan memahami bagaimana pandangan teknologi secara agama terkait keberadaan teknologi di era milenial ini, maka pihak Fakultas Teknik Informatika (FTI) Program Studi Sistem Informasi (SI) gelar acara "Ngopi" (Ngobrol seputar Informasi) dengan tema "Perspektif Agama dalam Teknologi".  Kegiatan ini berlangsung di Unhasy, Kamis (22/11/18).

Ketua HMP SI, Ade Taufik Sholihin menyatakan bahwa acara Ngopi ini mebutuhkan persiapan selama dua minggu.  "Yang harus dipersiapkan proposal dan surat ke kampus, fakultas dan BEM dam sebagainya," paparnya.

Acara Ngopi diakan pertama kali oleh FTI, dan termasuk kegiatan yang dinilai cukup sukses, "bahkan seluruh senior pun mengatakan bahwa acara diskusi tentang penyatuan agama dan teknologi baru kali ini diselenggarakan. Yang ada sebelumnya hanya seminar android, seminar teknologi, dan semua terkait teknologi," jelas mahasiswa semester 3 prodi SI tersebut.

Acara ini dibuka untuk umum, bagi semua yang berminat untuk mengetahui seputar teknologi dan agama utamanya para mahasiswa FTI yang seharusnya mengetahui secara lebih mendalam mengenai perspektif agama dalam bidang teknologi.

"Dan ternyata saat diskusi berlangsung, kami temukan titik temunya bahwa teknologi adalah objek yang harus dibatasi oleh agama itu sendiri," ungkap Ade.
Perlu diketahui, narasumber acara ini dari BEM, Indomas, Wakil Ketua BEM, dari Ketua DPW FTI, Kemudian Fauzul sebagai mantan Wapresma Ma’had Aly Tebuireng yang saat ini menjabat sebagai ketua DPM Ma'had Aly.

"Yang diharapkan atas terselenggaranya acara ini adalah dapat terselenggara secara rutin, terus istikamah, serta untuk teman-teman mahasiwa baru yang ikut andil dalam acara ini tetap semangat sekalipun banyak kendala dalam acara ini. Kemudian harapan dari semester atas dan dari senior mereka mengahrapkan acara ini menjadi acara rutinan. Bahkan jika semua sepakat pada bulan mendatang akan kembali diadakan acara yang tidak kalah menarik dari acara hari ini," ungkap Ade saat memberi sambutan.