Universitas Hasyim Asy'ari

Peringati Hari Puisi Nasional, PBSI Unhasy Gelar "Pesta Sastra"

28 April 2019 / 337 Pembaca
unhasy.ac.id-Pendidikan Bahasa Indonesia (PBSI) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) turut serta dalam memperingati Hari Puisi Nasional. Kegiatan peringatan tersebut meliputi kegiatan pembacaan puisi dan pementasan drama. Semua kegiatan tersebut merupakan aplikasi nyata dari mata kuliah Apresiasi Puisi dan Apresiasi Drama yang sedang ditempuh oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Unhasy semester ini.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan pembacaan puisi yang diampu oleh Ibu Raras Hafiidah Sari, M.Hum. ini, mengelompokkan mahasiswa menjadi 7 kelompok. Masing-masing kelompok menampilkan pembacaan puisi sesuai dengan judul puisi yang telah dipilih. Ketujuh puisi tersebut antara lain:
1. Kacauku Menjadi Kicau
2. Beling Pecah
3. Sajak Anak Muda
4. Indonesia Kini, Kini Indonesia
5. Negeri Kutukan
6. Penantian Tuk Sebuah Perubahan
7. Pilar Pemuda.

Kegiatan pembacaan puisi yang bertema "Malam Puisi" tersebut berlangsung sukses dan sangat meriah.

Selain kegiatan pembacaan puisi tersebut, mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Unhasy juga menyuguhkan pementasan drama dengan judul "Asmaradhana". Naskah drama tersebut merupakan karya asli mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Unhasy. Dalam pelaksanaannya, tim produksi pementasan drama tersebut juga berasal dari mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Unhasy. 

Pementasan drama ini tidak lepas dari andil Bapak Alfian Setya Nugraha, S.S., M.Hum., sebagai dosen pengampu mata kuliah Apresiasi Drama. Kandidat Doktor dari Universitas Sebelas Maret Surakarta ini dengan telaten mendampingi proses produksi mahasiwanya, mulai awal produksi sampai dengan akhir kegiatan pementasan drama.

Naskah drama "Asmaradhana" ini mengambil tema "Sebuah Kisah Cinta yang Mengangkat Khazanah Nilai-Nilai Kesatriaan Tanah Jawa". Pementasan drama tersebut berlangsung sangat meriah dan sukses.

Semua kegiatan tersebut merupakan sumbangsih Pendidikan Bahasa Indonesia Unhasy dalam memperingati Hari Puisi Nasional, yang notabene juga mengisi khazanah kesusastraan nusantara.