Universitas Hasyim Asy'ari

Pengembangan Laboratorium Teknik, Unhasy Terima Bantuan Program Bina Lingkungan Sektor Pendidikan PT SUCOFINDO

18 May 2019 / 313 Pembaca
unhasy.ac.id-Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) baru saja selesai melakukan pembangunan gedung baru yang bertempat diantara gedung kampus A dan B. Gedung baru tersebut diantaranya adalah ruang laboratorium. Program Bina Lingkungan Sektor Pendidikan PT Sucofindo (Persero) melakukan kunjungan ke Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) dalam rangka memberikan bantuan alat-alat laboratorium untuk Fakultas Teknik Universitas Hasyim Asy’ari Jombang, yang berlansgung di gedung baru Unhasy, Kamis (16/5/19). Terima bantuan pihak Sucofindo ini disambut langsung oleh KH. Shalahuddin Wahid.

Hari ini, Kamis (16/5/19) berlangsung acara serah terima bantuan alat-alat laboratorium untuk Fakultas Teknik dari PT Sucofindo. PT Sucofindo merupakan sebuah BUMN Indonesia yang bergerak dalam bidang pemeriksaan, pengawasan, pengujian, dan pengkajian. Pada program bina lingkungan sektor pendidikan, PT Sucofindo diwujudkan dengan menyerahkan bantuan kepada pihak universitas. Acara serah terima ini dihadiri oleh Rektor Unhasy, KH. Salahuddin Wahid (Gus Sholah) dan ibu Nyai Farida Salahuddin Wahid.

Pihak PT Sucofindo dihadiri oleh Bachder Djohan Buddin selaku Direktur Utama dan juga para Direksi PT Sucofindo. Adapun tamu undangan yang turut hadir adalah pengurus Yayasan Unhasy, Wakil Rektor 1; Prof. Dr. H. Haris Supratno, Wakil Rektor 2; Drs. H. M. Muhsin Ks., M.Ag.,  jajaran Pimpinan Fakultas, Prodi, dosen dan beberapa perwakilan dari mahasiswa.

“Terima kasih kepada PT Sucofindo yang telah memberikan bantuan alat-alat laboratorium kepada Fakultas Teknik Unhasy, dan semoga Pak Bachder dan Direksi yang lain diperpanjang sebagai direksi PT Sucofindo untuk memajukan PT Sucofindo menjadi perusahan yang maju dan dapat menjawab tantangan jaman,” ungkap Gus Sholah.

Hal pertama yang disampaikan dalam sambutan Bachder Djohan Buddin selaku Direktur Utama PT. Sucofindo, adalah mengenai sosok Gus Sholah. “Gus Sholah ini adalah guru saya, kakak saya, penuntun saya sehingga kami bisa hari ini menjadi begini,” Djohan menyampaikan peran Gus Sholah yang selama ini menjadi motivator dan pembimbing hingga ia sampai di puncak kesuksesan.

Bachder Djohan Buddin menceritakan pada tahun 80an pada saat Gus Sholah menjadi Sekjennya, Djohan menjabat sebagai Ketua Umum DPD INKINDO di Sulawesi Selatan. Ia menuturkan bahwa sosok Gus Sholah lah yang mengajarkan berorganisasi dan berwirausaha. “Alhamdulillah apa yang diinginkan Gus Sholah ini, kami dapat apresiasikan sampai hari ini,” Djohan menceritakan proses persetujuan terhadap proyek penyerahan bantuan laboratorium Fakultas Teknik Universitas Hasyim Asy’ari yang berlangsung sangat cepat dan mudah.

Disampaikan Djohan, secara materi bisa diukur bantuan dari pihaknya, tapi bantuan Gus Sholah terhadapnya pribadi hingga bisa menjadi begini, higga bisa menjadi orang tidak terukur. Hal lainnya yang disampaikan Djohan adalah terkait profil Sucofindo serta proyek yang sudah dan akan segera dicanangkan oleh Sucofindo. Beberapa hal yang disampaikan mengenai keahlian Sucofindo khususnya terhadap mahasiswa dan masyarakat adalah bahwasanya Sucofindo memiliki lima kelompok jasa. Yaitu Inspeksi, Pengujian, Sertifikasi, Pelatihan, dan Konsultasi. Dari kelima kelompok tersebut melahirkan sepuluh kelompok jasa yang lain.

Terakhir, Bachder Djohan menyampaikan kesediaannya untuk selalu mengabdi dan melayani Universitas Hasyim Asy’ari kapanpun saat membutuhkan bantuan. “Silakan, khusus untuk Universitas Hasyim Asy’ari selalu siap untuk melayani kapan saja,” ungkapnya. Acara yang terakhir yaitu penyerahan bantuan secara simbolis dari PT Sucofindo kepada Gus Sholah, yang dilanjutkan dengan acara foto bersama serta peninjauan tempat laboratorium Fakultas Teknik Unhasy.