Universitas Hasyim Asy'ari

Pembukaan KKNT UNHASY 2019 Kelompok 23 "Pengembangan Potensi Desa Sektor Perekonomian"

14 July 2019 / 313 Pembaca

Pembukaan KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik) 2019 kelompok 23 mahasiswa Universitas Hasyim Asy’Ari Tebuireng Jombang di desa Mojodanu kecamatan Ngusikan kabupaten Jombang dengan tema “Pengembangan Potensi Desa”. dilaksanakan pada hari Selasa, 9 Juli 2019 (8/7/19) pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB. bertempat di balai desa Mojodanu, kecamatan Ngusikan kabupaten Jombang. Secara geografis letak desa Mojodanu ini terletak diantara desa Kromong di bagian sebelah barat dan Ngampel di bagian sebelah timur.

Acara tersebut dihadiri mahasiswa KKNT yang berjumlah 21 mhasiswa, dosen pembimbing lapangan (DPL), perangkat desa Mojodanu, terdiri dari kepala desa, sekretaris desa, para kaur, staf , mudin dan warga setempat dari beberapa dusun yang ada di desa Mojodanu. Diantara dusun tersebut adalah Mojo, Danu, Dapet, Ngaglik dan Dongbang.

Acara ini dilaksanakan untuk memperkenalkan para mahasiswa KKNT Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang 2019 kepada warga desa mojodanu serta memperkenalkan mahasiswa terhadap lingkungan dan potensi desa dari desa mojodanu melalui interaksi dengan pihak desa tersebut.

Dari hasil acara Pembukaan KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik) 2019 kelompok 23 di desa Mojodanu kecamatan Ngusikan kabupaten Jombang tersebut umumnya dapat menjadikan kerekatan persaudaraan antara mahasiswa KKNT desa Mojodanu Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang dengan warga desa Mojodanu dan untuk khususnya acara pembukaan KKNT tersebut memang dilaksanakan setiap tahun pada awal kedatangan mahasiswa yang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata Tematik atau yang biasa disebut KKNT sebagai simbolik penerimaan pihak desa terhadap mahasiswa yang akan melakukan pengabdian di desa Mojodanu. Acara Pembukaan KKNT tersebut berisi tentang sambutan-sambutan dari ketua kelompok , dosen pembimbing lapangan (DPL) dan kepala desa Mojodanu. Acara yang diawali dengan pendataan penerimaan para undangan , pemberian suguhan makanan kecil, pembacaan ayat suci al-qur’an , sambutan-sambutan dan doa tersebut berjalan lancar serta berlangsung khidmad.

Ketua kelompok 23 KKNT desa Mojodanu yang diwakili oleh Fatihuddin, mengatakan “diantara program kelompok yang kami buat adalah mengembangkan potensi – potensi desa khususnya dibidang perekonomian”. Dari program utama tersebut dapat menjadikan masyarakat Mojodanu sebagai pelaku ekonomi yang modern dan aktif sesuai dengan tema KKNT UNHASY Tebuireng Jombang yakni Pengembangan Potensi Desa.

“saya sangat senang dengan adanya program KKNT dari setiap universitas, khususnya dari Universitas Hasyim Asy’Ari Tebuireng Jombang karena secara langsung maupun tidak dapat memberdayakan masyarakat Mojodanu menjadi lebih baik, semoga program ini berdampak positif, berjalan lancar dan berkelanjutan untuk kedepannya” tukas kepala desa Mojodanu bapak haji Badrus.

kedatangan mahasiswa KKNT di desa Mojodanu diterima dengan sangat baik serta disambut hangat oleh warga desa. sapaan ramah yang biasa jarang didapatkan di lingkungan perkotaan serasa berbanding terbalik degan keadaan di lingkungan Mojodanu. Warga yang ramah-tamah , lingkungan yang asri seakan mewarnai suasana akrab yang terjalin di desa Mojodanu.

Melalui acara simbolik pembukaan KKNT kelompok 23 di desa Mojodanu ini diharapkan menjadi titik awal semangat untuk melanjutkan serta merealisasikan program-program tersusun dan terencana oleh mahasiswa KKNT .

Program yang terdiri dari berbagai bidang seperti ekonomi diantaranya pembelajaran IT dalam proses pemasaran produk. Bidang sosial seperti halnya partisipasi pada kegiatan posyandu desa. Bidang pendidikan diantaranya seperti penyelenggaraan sekolah alam, partisipasi di sekolah. Bidang keagamaan yang meliputi partisipasi pada kegiatan yasinan, muslimatan, tahlil dan istighosah serta diba’. Di bidang seni seperti halnya pelatihan seni tari serta beberapa program lain yang nantinya diharapkan dapat terealisasi dengan tepat serta bermanfaat bagi warga desa Mojodanu.