Universitas Hasyim Asy'ari

PBA UNHASY Gelar KKL Di Tulungagung dan Trenggalek

19 January 2019 / 191 Pembaca
Selama dua hari, Senin dan Selasa (14-15/01/2019), mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Hasyim Asy'ari melakukan agenda KKL (Kuliah Kerja Lapangan) di kota Seribu Warung, Tulungagung.

Kunjungan pertama dimulai dari Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Tulungagung. Tujuan kunjungan ini tidak lain adalah untuk mengenalkan kepada mahasiswa bagaimana manajemen pendidikan sebagai lembaga formal.

"Kedatangan kami ke sini tidak lain adalah agar mahasiswa mengetahui bagaimana pengelolaan manajemen pendidikan yang ada di pondok atau Madrasah Darul Hikmah ini," ungkap ustadz Fathur Rohman, dosen PBA Unhasy.

Dalam kesemptan itu, pimpinan Pondok Pesantren Darul Hikmah, ustadz Mashuri mengungkapkan ucapan terima kasih kepada mahasiswa dan dosen pendamping KKL PBA Unhasy. "Semoga kedatangan ini, menjadi pertanda baik bagi Ponpes Modern Darul Hikmah," harapnya.

Setelah acara penyambutan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab interaktif. Mahasiswa PBA Unhasy menanyakan beberapa hal terkait manajemen lembaga pendidikan, mulai dari manajemen kurikulum, kesiswaan, bimbingan konseling, sarana prasarana, dan pengembangan bahasa Arab. Acara terakhir ditutup dengan penyerahan cinderamata dari kedua belah pihak.
Agenda KKL berikutnya adalah menuju tempat kewirausahaan, yang dituju adalah PT Cahaya Pasifik Raya, pabrik pengolah kopi. Kedatangan rombongan mahasiswa disambut baik oleh Ibu Felis selalu pemilik perusahaan. Di tempat ini mahasiswa diajak berkeliling pabrik, untuk mengetahui bagaimana pengolahan kopi, dari mulai biji yang dibeli dari petani kopi, sampai menjadi sebuah produk yang dinamai Kopi DOKAR.

Ibu Felis mengungkapkan kepada mahasiswa bahwa merk Kopi bernama DOKAR diambil dari dua kata yaitu Doa dan Berkarya. "Alasan kami memilih Doa dan Berkarya adalah karena, jika kita memulai usaha pasti harus diiringi dengan doa dan juga harus dengan karya-karya," ujarnya.
Setelah berkeliling, para rombongan disuguhi kopi gratis rasa mocca oleh pihak perusahaan. Sembari menikmati kopi yang diberikan, mahasiswa diberikan kesempatan untuk tanya jawab bersama Ibu Felis terkait bagaimana membangun sebuah kewirausahaan.

Setelah melakukan dua agenda KKL, rombongan mahasiswa PBA Unhasy beserta para dosen menuju ke kota Trenggalek (15/01/2019), tepatnya di pantai Pasir Putih untuk berekreasi sejenak. Selain menikmati pemandangan yang indah, mahasiswa juga menikmati wahana seperti Banana Boat serta paket wisata ke beberapa tempat mulai dari pantai Asmara, rumah Apung, pulau Mutiara, Goa Merah, Karang Bintang, Jembatan Luna Maya, dan Pelabuhan Pantai Prigi.