Universitas Hasyim Asy'ari

Khofifah: UNHASY Tebuireng Kampus Keislaman yang Punya Tim Robotika Hebat

27 October 2019 / 305 Pembaca
unhasy.ac.id-Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang menggelar Wisuda yang ke 28, Sabtu 26 Oktober 2019. Wisuda ini diikuti 546 wisudawan dari D3 Ke-1, S1 Ke-28, dan S2 Ke-15. Wisuda dihadiri Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indarparawansa.
Khofifah menyampaikan, masyarakat Jawa Timur harus mampu mewujudkan koneksitas antar-lembaga, antar-sektor, dan antar-daerah, serta memberikan layanan terbaik dan terdepan. Selain itu, program Millenial Job Center (MJC) dan East Java Super Coridor (EJSC) yang digagas Pemprov Jatim bisa dimaksimalkan. Tujuannya agar menghadapi era industri 4.0 ini, para millenial dapat memiliki skill yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu menjelaskan, di Indonesia ada beberapa persoalan yang menjadi kendala start up. Hal itu antara lain modal, sumber daya manusia (SDM), fasilitas, regulasi, dan peraturan perundang-undangan serta pasar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pemprov Jatim tengah menyiapkan empat pilar strategis. Yaitu ekonomi fisik dengan mendorong lokasi klaster indistri digital  dengan memaksimalkan klaster industri digital yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari. Pemprov Jatim juga akan menyiapkan UKM Go-Digital, Venture Capital, dan Talent Pool.

”Untuk menjawab tantangan perkembangan Revolusi Industri 4.0 tersebut, kemajuan Unhasy dalam bidang teknologi, sangat menggembirakan. Bulan September 2019 ini, mahasiswa program studi Teknologi Informasi dan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi Unhas, telah mengikuti kontes Robot Terbang Nasional 2019 yang diselenggarakan Kemenristek Dikti di Lapangan Terbang Angkatan Udara Ngranti Pasuruan, Unhasy sebagai pendatang baru talah mampu menunjukkan kemajuan yang luar biasa, mampu bersaing dengan berbagai perguan tinggi besar di bidang teknologi, seperti ITB, ITS, UGM,UI, Unair, UB,’’ jelasnya.
Sementara itu, Dedy Rahman Prehanto, Dekan Fakultas Teknologi Informasi Unhasy Tebuireng Jombang menyambut baik pidato Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan sangat mengapresiasinya.
Hal itu karena Khofifah menetapkan Unhasy sebagai salah satu perguruan tinggi berbasis pesantren yang mengembangkan teknologi robotika.

Di lain sisi, lulusan Unhasy juga diharapkan memiliki beragam kompetensi, selain prestasi dalam bidang akademik dengan IPK yang tinggi juga berprestasi dibidang non-akademik. Hal ini dikarenakam dalam menghadapi tantangan kerja bukan hanya kemampuan akademik yang dibutuhkan tetapi juga softskill sangat dibutuhkan.
Dedy Rahman Prehanto berpesan, Jadilah lulusan Unhasy yang mempunyai kejujuran, kerja keras, keihklasan, inovatif, kreatif, adaptif dan kolaborati. Insyaallah dengan bekal beberapa hal tersebut dapat memudahkan wisudawan dalam mencari pekerjaan.
Dedy, sapaan akrapnya, juga berterimakasih kepada Ibu Gubernur Jawa Timur atas penganugrahan Laboratorium Robotika Unhasy sebagai persembahan Unhasy pada Peringatan Hari Santri Tahun ini. 
Dengan diresmikannya Laboratorium Robotika ini juga dalam rangka sinergitas program one pesantren one produk sebagai episentrum robotika di Unhasy dalam menyambut era revolusi industri 4.0.