Universitas Hasyim Asy'ari

Kabar Duka, Innalillahi Pakar Ilmu Falak Jombang KH. Ma'muri Meninggal Dunia

16 September 2018 / 69 Pembaca
Innalillahi wa inna ilaihi roji'un, kabar duka datang dari Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Salah seorang pakar ilmu falak KH. M. Ma'muri Abdus Shomad menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang, Sabtu (15/9) sekitar pukul 19.30 WIB.

"Pak Ma'muri (sapaan akrabnya) almarhum adalah ketua LFNU Jombang 3 periode sejak 2003 sampai dengan 2017 lalu," kata Ketua Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jombang Mujazun.

Ia menjelaskan, sebab wafatnya almarhum yang juga pernah menjadi anggota BHR Kemenag Jombang ini adalah pendarahan pembuluh darah di otak. "Sejak Kamis sore beliau masuk ke RSUD Jombang," jelas Mujazun.

Sepanjang kiprahnya di organisasi, almarhum diketahui sangat memahami perkembangan ilmu falak. Di masa hidupnya ia juga sangat berperan aktif dalam menentukan hari-hari besar Islam dan perbedaan-perbedaan pendapat di tengah masyarakat.


"Beliau sangat perhatian dalam perkembangan ilmu falak. PC LFNU Jombang sangat kehilangan dan ilmu-ilmu beliau masih belum kita serap semua," ujarnya.

Almarhum KH. M. Ma'muri Abdus Shomad yang juga salah seorang dosen Ilmu Falak FAI Unhasy Tebuireng Jombang ini wafat dengan meninggalkan 4 anaknya yang kesemuanya adalah laki-laki.

Dalam keterangan dari anak beliau, Muhammad Rizqi Alfian Razaq menjelaskan bahwa ayahanda adalah seorang yang sangat istiqomah dalam kehidupannya, dan meminta kepada seluruh kerabat dan masyarakat untuk memberikan keikhlasan maaf apabila semasa hidup beliau ada kesalahan, pungkas putra ke-2 beliau yang saat ini juga sedang menempuh studi Ilmu Falaq di UIN Walisongo Semarang.

Jenazah yang direncanakan akan dikebumikan di kampung halaman beliau di Brebes Jawa Tengah akhirnya disepakati pihak keluarga untuk dikebumikan di area pemakaman umum Tebuireng, mengingat beliau sudah lama tinggal di lingkungan Tebuireng.