Universitas Hasyim Asy'ari

Gus Sholah, Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, wafat.

04 February 2020 / 28 Pembaca
unhasy.ac.id - Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Kabar duka datang dari Pondok Pesantren Tebuireng. Dr. (H.C.) Ir. KH. Salahuddin Wahid, atau yang akrab disapa Gus Sholah wafat setelah mendapatkan perawatan medis di RS. Harapkan Kita Jakarta. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Putra Beliau. 

"Gus Sholah baru saja wafat, pada pukul 20:55. Mohon dimaafkan seluruh kesalahan. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu," kata putra Gus Solah, Irfan Wahid, Ahad, 2 Februari 2020.

Beberapa hari sebelum kritis, Gus Solah sempat menjalani tindakan medis ablasi. Operasi itu dilakukan karena ada masalah pada selaput jantungnya. Setelah operasi berhasil dilakukan, Gus Solah pun diperbolehkan pulang. Namun beberapa hari di rumah, tubuh Gus Solah kembali lemas sehingga keluarga membawanya kembali ke rumah sakit.

Pria yang disapa Ipang Wahid ini menjelaskan, kesehatan Gus Sholah menurun sejak dua minggu lalu. Saat itu, Gus Sholah mengalami gangguan di organ jantung.

"Ada keluhan ritme jantung yang tidak beraturan," ujar dia.

Tim dokter yang merawat Gus Sholah melakukan ablasi atau operasi untuk mengatasi gangguan irama jantung atau aritmia dengan menggunakan kateter yang dimasukkan ke dalam ruang dalam jantung

"Dilakukanlah ablasi semacam kateter untuk mengisolir elektromagnetik liar," ucap Irfan.