Universitas Hasyim Asy'ari

Di Unhasy, Mahasiswa Tidak Semata Kuliah

06 September 2017 / 2608 Pembaca
Jombang - Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Jombang merupakan lembaga pendidikan yang letaknya dikelilingi sejumlah pondok, dari salaf hingga modern. Setiap tahunnya, kampus ini menerima mahasiswa baru dan selalu meningkat.

Berikut penuturan sejumlah mahasiswa baru mengapa memilih perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Pesantren Tebuireng tersebut.

Sebut saja Khoirul Mubtadiin, seorang lulusan Madrasah Aliyah Tebuireng. Kini dia melanjutkan pendidikan di kampus ini. Ketika ditanya alasan memilih Unhasy sebagai labuhan pendidikan, sejumlah jawaban disampaikan.

Dia juga tidak menampik kalau banyak kampus di luar sana yang lebih baik dan terakreditasi. "Karena saya ingin melanjutkan mondok," ungkapnya.

Alasan berikutnya, Unhasy berbeda dari kampus lain yakni lantaran tidak semata menerapkan pendidikan umum. "Selain letaknya dikelilingi pondok salaf maupun modern, kampus ini menerapkan pendidikan pesantren," jelasnya.

Hal tersebut terlebih khusus bagi mahasiswa fakultas tarbiyah, yang diwajibkan tinggal di asrama setahun penuh. Selama itu pula, para mahasiswa diajarkan mengenai ilmu agama, bahasa, kitab salaf, keorganisasian, dan berbagai keterampilan lain. "Kalaupun tidak di asrama, minimal mondok di pesantren sekitar," lanjutnya.

Baginya, itulah yang menjadi pertimbangan utama memilih kampus. "Bagi saya, ini merupakan kampus yang bukan hanya mengajarkan mencari ilmu dan kuliah, tetapi kita mencari ridha guru dan asatidz," jelasnya.

Karena itu dirinya mengemukakan bahwa kuliah di Unhasy sebagai sarana ngalap berkah. "Dan anehnya dari sebagian besar mahasiswa memiliki jawaban yang hampir sama," ungkapnya.

Demikian pula kebanyakan mahasiswa yang memilih Unhasy bukan karena keinginan orang tua, melainkan dorongan hati nurani.

Tidak jauh beda dengan dirinya, sebagian kakak tingkatnya mengatakan bahwa ada nilai lebih yang ingin direngkuh. Itupun didapat dari salah seorang dosen yang mengatakan, bahwa di Unhasy bisa kuliah sekaligus berburu berkah.

Sang senior kemudian menirukan wejangan dosen di kampus ini sebagai berikut:"Karenanya, kalau kamu berangkat ke kampus niati juga untuk mencari ilmu dan ridha para guru dan ustadz. Jangan hanya tidur kala di kelas karena keberkahannya akan hilang."

Kalimat ini pula yang meluluhkan kakak tingkat tersebut akan hakikat kuliah di Unhasy. Dan sepertinya, hal tersebut telah menjadi kesadaran kolektif para mahasiswa selama kuliah di sini. (rifqi/saif)

Rifqi Hawari-SantriNews.com