Universitas Hasyim Asy'ari

31 Mahasiswa Unhasy berangkat magang ke Pandeglang

29 October 2018 / 47 Pembaca
UECC (Unhasy Career Center & Entrepreneurship), Senin (29/10/2018) pagi tadi memberangkatkan 31 peserta magang kerja ke Pandeglang, Banten. Pemberangkatan dimulai pukul 06.00 WIB di halaman masjid Ulil Albab Tebuireng. 

Pemberangkatan diawali dengan sambutan dan doa bersama. Di hadapan perserta, ketua pelaksana, Suhari, berpesan agar peserta bisa memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik.

"Sehingga setiap peserta bisa menjadi pengusaha. Yang nantinya tidak mencari kerja, tapi bisa menciptakan lapangan kerja," tuturnya.

Penasihat UECC Dr. Mif Rohim, menambahkan bahwa pemagangan tersebut adalah diklat kerja gelombang pertama hasil kerja sama Unhasy dengan PT. Sumber Bumi Sukses Makmur (PT. SBSM). Yaitu, sebuah perusahaan pengolahan kelapa menjadi berbagai produk unggulan.

"Dari angkatan pertama ini, saya berharap bisa sukses dan selanjutnya UECC bisa terus mengembangkan dan mewadahi kebutuhan lulusan Unhasy," ungkapnya.

Wakil Rektor III itu melanjutkan, UECC ini adalah sebuah lembaga yang berperan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan para mahasiswa Unhasy yang akan lulus. Seperti, kebutuhan akan kerja, studi lanjut, atau beberapa orientasi mahasiswa Unhasy pasca lulus.  "Melalui UECC, kita mengajak mahasiswa Unhasy untuk berkompetisi secara profesional dengan kemampuan yang dimiliki," lanjutnya.

Pemagangan tersebut berorientasi untuk peningkatan SDM dalam kewirausahaan. Harapannya peserta akan memiliki keterampilan khusus di bidang industri pengolahan kelapa. Sebab, kelapa yang telah diolah bisa menjadi puluhan produk yang laku di pasaran.

Peserta magang atau diklat kerja tersebut adalah lulusan Unhasy yang telah dikukuhkan dalam Wisuda Unhasy (Sabtu, 27 Oktober 2018) kemarin. Selain itu, ada beberapa peserta yang masih menempuh smester akhir. Peserta akan melakukan pemagangan selama 12 bulan, yang terdiri dari 3 bulan teori dan 9 bulan praktik di beberapa jaringan bisnis PT SBSM, baik di dalam atau di luar negeri. Dan setelah satu tahun, peserta wajib mengabdi selama 2 tahun di lini usaha yang sudah dipersiapkan oleh Rektor Unhasy, KH. Salahuddin Wahid.

Sebelumnya peserta berangkat magang, mereka juga mendapatkan pembekalan melalui workshop "Pembinaan Karir Generasi Millenial untuk Menembus Dunia Kerja" pada 19 Agustus 2018 lalu dan sharing bersama Rektor Unhasy di Ndalem Kasepuhan Pesantren Tebuireng pada Kamis, 25 Oktober 2018.

Turut hadir dalam pemberangkatan pagi itu, beberapa orang tua peserta. Selama pemagangan, peserta akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan, gaji, konsumsi harian, dan fasilitas tempat tinggal.

Pewarta: Robiah
Tebuireng.Online